#659

Visitasi BPSDM : Diskusi Manajemen Publik RSUD AWS

Tanggal Posting : 26 September, 2019

OPD Penanggung Jawab : RSUD ABDUL WAHAB SYAHRANIE
Penanggung Jawab : RSUD AWS
Jenis Informasi : Kunjungan Atau Studi Banding
Bentuk Informasi : Informasi Teks
Kategori Informasi : Informasi berkala
Deskripsi :

Visitasi BPSDM : Diskusi Manajemen Publik RSUD AWS

Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa dalam membangun dan menjaga keberhasilan bangsanya.  Sebagaimana pernyataan founding father, Presiden pertama dan proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno menyatakan beri aku sepuluh pemuda, maka akan aku guncangkan dunia. Dalam pernyataan Beliau jelas tersirat pesan bahwa yang muda (pemuda-pemudi) mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk bangsa ini.  

Pagi ini, Senin (25/05) sebanyak 80 orang peserta diklat muda terlihat kompak mengenakan batik melakukan visitasi ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS).  menerima kunjungan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan ini merupakan rangkaian dalam pembelajaran materi Manajemen Publik Diklat LATSAR Gol. II Angakatan IV dan V Provinsi Kaltim. Turut hadir 4 orang pendamping dari BPSDM dan Penjabat Struktural RSUD AWS yang terkait, seperti Wakil Direktur Pelayanan, Kepala Bidang Pelayanan, Kepala Bidang Penunjang, Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang Keuangan dan Kepala Bidang IT. 

Dalam sambutannya, dr. David Hariadi M, Sp.OT sebagai Wakil Direktur Pelayanan RSUD AWS menyambut terbuka untuk berdiskusi tentang manajemen pelayanan publik. Beliau menyampaikan pelayanan yang dilakukan rumah sakit tentunya unik dan berbeda dari perusahaan jasa lainnya. Beliau mengandaikan pelanggan di hotel dan restoran, bahwa pelanggan sengaja datang dan sudah mempersiapkan biaya sesuai kebutuhan bahkan keinginan pelanggan tersebut. Tentu sangat berbeda dengan pelanggan di rumah sakit. Tidak ada pelanggan yang dengan sengaja dan sukarela datang untuk dirawat di rumah sakit. Pelanggan di rumah sakit dalam hal ini disebut pasien, terkadang tidak siap dengan menghadapi penyakitnya, dan begitu pula dari segi finansialnya. Hal ini yang membuat pelayanan rumah sakit berbeda dengan pelayanan perusahaan lainnya. Bagaimana seluruh pegawai di rumah sakit selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik.

Selanjutnya dr. David menjelaskan visi misi RSUD AWS yang saat ini sedang menuju standar internasional dalam berbagai bidang, khususnya pelayanan. RSUD AWS telah menjadi rumah sakit kelas A sejak Oktober 2014. Telah menjadi salah satu rumah sakit rujukan nasional, rumah sakit pendidikan dan terakreditasi paripurna oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit). Dr. david   juga menyampaikan layanan-layanan unggulan yang dimiliki RSUD AWS, seperti pelayanan jantung terpadu, kanker, bedah urologi dan stroke center. Saat ini RSUD AWS sedang menuju pembangunan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Hampir dua jam berlalu, para peserta masih penuh antusias menyampaikan pertanyaan saat sesi diskusi tanya jawab. Beberapa pertanyaan peserta seperti bagaimana penggunaan pendaftaran sistem online di RSUD AWS dan bagaimana manajemen dapat mengetahui kepuasan pelanggan. Kepala Bidang IT RSUD Abdul Wahab Sjahranie menjawab untuk pendaftaran poliklinik spesialis rawat jalan bisa dilakukan dengan sistem online. Sedangkan untuk pemesanan kamar rawat inap sementara belum bisa dilakukan secara online. Dr. David menambahkan saat ini RSUD AWS sedang dalam proses pembuatan sistem informasi rumah sakit. Nantinya sistem informasi yang ada di rumah sakit ini terintegrasi mulai dari pendaftaran pasien, peresepan obat oleh dokter hingga pasien keluar dari rumah sakit.

Pada pertanyaan terkait tentang kepuasan pelanggan, dr. David menyampaian terdapat tiga kategori keluhan atau komplain yaitu komplain dari segi keuangan, pelayanan, prosedur administrasi. Haryati Rachman, S.Sos, MPH sebagai Kepala Bagian Perencanaan RSUD AWS menjelaskan bahwa telah melakukan survei kepuasan pelanggan, survei ini dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Hasil dari survei kepuasan pelanggan RSUD AWS mendapat nilai B, sengan mengambil sampel di instalasi rawat jalan, instalasi rawat inap dan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Beberapa perbaikan terus menerus dilakukan disetiap lini unit pelayanan agar ke depannya pelayanan di RSUD AWS selalu Paripurna untuk masyarakat. (kdv/drs/hms) 

Detail Informasi : Link 0 kali diakses