Tingkatkan Pelayanan Publik, Kementerian PAN-RB Launching Kompetisi P4

JAKARTA. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Diah Natalisa melaunching Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) yang diikuti oleh Kementerian Koordinator, Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah melalui zoom meeting, Kamis (17/2).

Diah menyampaikan dalam sambutannya bahwa sektor pelayanan publik menjadi bagian utama yang harus ditranformasi dengan pemanfaatan tekhnologi dan informasi.

"Kunci utamanya adalah mewujudkan pelayanan publik yang bersifat kolaboratif dengan tidak lagi menempatkan masyarakat secara pasif hanya sebagai penerima pelayanan, tetapi juga keterlibatan secara aktif alam proses pelayanan publik itu sendiri," katanya.

Sebagaimana UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang mengamanatkan Pemerintah harus mewujudkan keterlibatan masyarakat mulai dari penetapan standar pelayanan, evaluasi penyelenggaraan sampai dengan pemberian penghargaan.

Diah juga melanjutkan bahwa hal tersebut bertujuan agar pelayanan publik yang kita selenggarakan menjadi pelayanan yang berkualitas, yaitu sejalan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

"Sebagaimana Presiden Jokowi di berbagai kesempatan kerap menyampaikan agar masyarakat untuk aktif dalam menyampaikan kritik dan masukan kepada Pemerintah," ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan, Kepala Keasistenan Utama Pengaduan Masyarakat Ombudsman RI Patmo Aji Indrarto, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Agung Harjono, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Yanuar Ahmad, Perwakilan Kementerian Kominfo Mutia, Residen Representatif UNDP Indonesia Mr.Norimasa Shimomura, Country Director KOICA Office Indonesia Mr.Yun-gil Jeong. (as)