Pentingnya Prinsip Komunikasi Dalam Pengaduan dan Informasi Publik

JAKARTA. Pentingnya menerapkan prinsip komunikasi dalam memberikan tanggapan terhadap pelayanan aduan dan permohonan informasi publik. 

 
Narasumber yang juga seorang akademisi, Biondi Sanda Sima menyampaikan hal tersebut saat memberikan materi komunikasi publik pada acara Bimtek Pengelolaan Pengaduan dan Layanan Informasi Publik di Mercure Convention Centre, Selasa (19/7). 
 
Admin, baik pengelola pengaduan SP4N-LAPOR! maupun pengelola informasi publik PPID haruslah memiliki rasa empati terhadap kondisi masyarakat. 
 
"Admin pengelola pengaduan SP4N-LAPOR! maupun pengelola informasi publik PPID harus memiliki rasa empati karena Admin merupakan perpanjangan tangan Pemerintah dalam melayani masyarakat," paparnya. 
 
Empati sendiri lanjutnya, merupakan hal yang harus dimiliki oleh Admin Pemerintah dengan melihat permasalahan itu dari sudut pandang masyarakat bukan hanya sudut pandang  Pemerintah. 
 
Untuk itu diperlukan adanya peningkatan kompetensi pengelola pengaduan dan pelayanan informasi di setiap instansi Pemerintah. 
 
Disamping itu, hal yang tidak kalah penting adalah adanya penguatan sumber daya manusia dalam pengelolaan pelayanan pengaduan dan informasi yakni Admin itu sendiri. 
 
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta, baik Admin SP4N-LAPOR! maupun Admin PPID di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah mulai tanggal 18 sampai 20 Juli 2022. (as)