Faisal Apresiasi Program VSGA Kementerian Kominfo Untuk Pemuda Kaltim

Samarinda. Program Vocational School Graduate Academy (VGSA) wilayah Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo melalui Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin disambut antusias oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal.

“Saya sangat senang dan apresiasi sekali dengan adanya Program VSGA Kementerian Kominfo, karena hal ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya pemuda di Kalimantan Timur yang berminat dalam pembelajaran bidang komunikasi dan informatika. Sehingga diharapkan SDM Kaltim memiliki kemampuan yang berstandar nasional,” ungkap Faisal saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (21/04).

Program VSGA ini adalah Pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan vokasi bidang Kominfo yang pelaksanaannya diselenggarakan secara gratis tanpa dipungut biaya.
Jenis pelatihan yang disediakan adalah Junior Network Administration, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer dan Mobile Programmer. Manfaat VSGA ini juga banyak sekali, diantaranya dapat meningkatkan kemampuan di bidang TIK, mendapatkan sertifikasi kelulusan, menambah soft skill dan memperoleh kesempatan sertifikasi nasional berbasis SKKNI bagi peserta yang dapat menyelesaikan pelatihan dan lulus kriteria yang telah ditentukan.

Melalui Infografis, Kementerian Kominfo mengumumkan link pendaftaran dan syarat peserta yang disebar di website dan Medsos Kementerian Kominfo. Kegiatan pelatihan akan diselengarakan di Kab. Paser tanggal 14 hingga 18 Juni dan Kota Samarinda tanggal 12 -16 Juli Tahun 2021.

Pelatihan ini juga dapat menunjang pembangunan Ibu Kota Negara yang mana Sumber Daya Manusia Kaltim harus memiliki kompetensi dan dapat bersaing terhadap perkembangan di IKN.
“Mohon bantu sebarkan informasi ini agar pemuda di Kaltim tidak ketinggalan informasi penting ini walaupun Penyelenggarannya hanya di dua Kabupaten/Kota saja, yaitu Kab.Paser dan Kota Samarinda. Tetapi bagi masyarakat yang berada di daerah lain selama masih Provinsi Kaltim boleh mendaftar,” tutup Faisal.