Era Teknologi Informasi, Kegiatan Pranata Humas Berbasis Digital

Samarinda – Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komuniksi Publik merevitalisasi butir kegiatan JFPH tingkat keahlian Prov. Kaltim. Ini sebagai upaya pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas secara nasional, di Samarinda, Selasa (30/7).

Kasubdit Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik, Nursodik Gunarjo menjelaskan dari sisi pekerjaan atau tugas yang dilakukan pranata humas sudah berbeda. Karena saat ini sudah masuk era teknologi informasi semua pekerjaan pranata humas berkembang berbasis digital.

Oleh karena itu, pihaknya berpikir sudah saatnya regulasi yang mengatur pranata humas ini disesuaikan dengan butir kegiatan pranata humas. Sehingga pekerjaan yang dilakukan pranata humas akan tercakup.

Saat ini, lanjutnya, dalam pembinaan pranata humas terdapat dua kendala. Yaitu kecukupan jumlah pranata humas hanya 1.500 orang dan masih jauh dari 10.000 tenaga pranata humas yang dibutuhkan. Juga terkait kecakapan  dimana belum optimalnya peningkatan kompetensi pranata humas dalam diklat dan bimtek.

Di kegiatan uji beban kerja, pihaknya telah menyediakan daftar pertanyaan yang nantinya diisi pranata humas. “Pengisian quisioner bukan main-main, karena nasib pranata humas ke depan ditentukan dari apa yang diisi hari ini,” imbuhnya.

Nursodik berharap uji beban kerja butir kegiatan Pranata Humas ke depan lebih sejalan dengan penyelesaian tugas-tugas unit humas dan organisasi pejabat fungsional bertugas. (diskominfo/ris). 

by 

Share