Tahun 2021 Pemohon Informasi Dari Kalangan Mahasiswa Meningkat

Samarinda. Jumlah permohonan informasi publik dari kalangan mahasiswa terhitung pada periode bulan Januari hingga Maret tahun 2021 yang  ditujukan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi 
(PPID) Utama mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Fakta ini diungkap oleh Muhammad Faisal, Ketua PPID Utama, sabtu(26/4) lalu dikantornya.
 
"Pada triwulan I Tahun 2021, sekretariat PPID Utama menerima peningkatan Permohonan Informasi dan mayoritas merupakan mahasiswa. Berbeda pada tahun sebelumnya yang mendominasi  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), kalaupun ada perorangan kebanyakan bukan mahasiswa" ujar Faisal sapaan akrabnya.
 
"Kebanyakan dari mereka bermohon informasi datanya digunakan untuk tugas akhir penyelesaian skripsi. Ini artinya jika saya boleh berpendapat mahasiswa di Kaltim sudah mulai sadar dan menggunakan pelayanan permohonan informasi untuk keperluan perkuliahan mereka" tambahnya.
 
Saat ini peningkatan kualitas pelayanan informasi publik gencar dilakukan mulai dari Road Show ke Perangkat Daerah selain itu juga dilakukan pendekatan kepada masyarakat melalui siaran Podcast Diskominfo Kaltim yang bertajuk Ngopi Sore (Ngobrol Pintar dan Inspiratif di Sore Hari) setiap Kamis sore. 
 
"Kami terus menyuarakan Hak Atas Informasi Publik bagi semua kalangan masyarakat,Tidak hanya lembaga saja tetapi juga mahasiswa "ujar pria berkacamata ini .
 
"Maka dari itu pendekatanya melalui cara yang digandrungi kaum milenial dan kaum Z seperti Podcast" imbuhnya lagi
 
"Harapanya dengan partisipasi mahasiswa dalam keterbukaan informasi memberikan warna baru dalam arah pembangunan kaltim kedepan, ide mahasiswa dan kreatifitasnya sangat diharapakan medorng percepatan pembangunan dikaltim" tutupnya.
 
Untuk memperoleh informasi publik tentang Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bisa mengunjungi langsung sekretarit PPID Kaltim Jl. Basuki Rahmat No 41 sesuai jam layanan. Untuk secara online bisa melalui laman www.pion.kaltimprov.go.id .(win)