Ramadhan Pergi Ketaan Tidak Ikut Pergi

Samarinda.  Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur menggelar ceramah dalam rangka silaturahmi dan Halal Bi Halal sebagai momentum evaluasi pasca Ramadan di Ruang Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK), Jumat (21/5).
Muhammad Faisal Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim mengatakan, silahturahmi itu penting untuk menjaga kesolidan, kekompakan dan persaudaran di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika. 
"Evaluasi merupakan bagian dari manajemen diri, evaluasi ramadhan ini penting guna meningkatkan pribadi yang baik kedepanya, baik di kantor maupun dalam masyarakat. Dan ceramah di awal bulan syawal ini kami hadirkan Ustadz Aslam Abu Hanifah untuk mengisi tausiah," ujar Faisal.
Dalam tausiah, Ustadz Aslam menyampaikan hadist Nabi SAW yang berbunyi bertakwalah kalian di manapun berada.  
Takwa tidak mengenal waktu dan tempat. Ramadhan membentuk manusia yang bertakwa. Maka bertakwa tidak hanya pada bulan Ramadhan saja. Gantilah setiap perbuatan buruk dengan kebaikan, maka perbuatan baik akan menghapus yang buruk. Dan setelah melakukan perbuatan baik hendaknya tidak melakukan lagi perbuatan yang buruk.   
"Ibarat tubuh yang dipenuhi racun maka kita minum susu atau obat untuk menetralisir, begitu juga dengan Ramadhan sebagai penyembuh dan pelebur dosa yang sudah kita lakukan," kata Ustadz.
"Yang ketiga, perbaikan akhlak kita menjadi aklak mulia, jadilah manusia yang wajib diperlukan, kedatangannya dinanti dan ketidakhadirannya selalu dirindukan," pungkasnya.
Acara ditutup dengan bersalaman tanpa sentuhan tangan dan foto bersama dengan mengedepankan protokol kesehatan. (WIN).