Pranata Humas se-Kaltim Tingkatkan Kompetensi Kinerja Pemerintah di Era Digital



Samarinda - Seluruh Pranata Humas se-Kalimantan Timur terus meningkatkan kompetensinya melalui peningkatan wawasan dengan tema “Optimalisasi Peran Pranata Humas Dalam Pengelolaan Media Untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah di Era Digital”, dalam Rapat Kerja Pranata Humas Tahun 2023 yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim bertempat di Grand Jatra Hotel Balikpapan, Selasa (11/04)

Pelayanan kehumasan adalah pelayanan kepada masyarakat dengan baik agar mendapat kepercayaan, komitmen dan partisipasi yang lebih luas. Karenanya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang memiliki keterampilan dan keahlian serta kompetensi yang mumpuni untuk menjalankan fungsi kehumasan secara proporsional dan profesional.

Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal yang membacakan sambutan Sekdaprov Kaltim mengatakan tema ini sengaja diambil karena saat ini di era digital, pemerintah harus bisa berimbang dengan kemajuan teknologi.

“Sebagai Humas harus selalu siap dalam mengantisipasi kecepatan arus informasi. Ini untuk mendiseminasikan pesan positif dan prestasi pemerintah kepada publik agar terbangun kepercayaan serta reputasi negara dan lembaga,” ucapnya.

Disamping itu lanjutnya, Pranata Humas dituntut untuk lebih aktif lagi berperan dalam setiap kebijakan atau program pemerintah. Dirinya berharap Prahum dapat berperan aktif melaksanakan komunikasi publik dalam membangun reputasi negara. Karena salah satu indikator kesuksesan pemerintah dalam melayani publik adalah kepercayaan publik itu sendiri.

“Selain dengan diseminasi publik, diperlukan mitigasi isu-isu yang berpotensi menjadi krisis komunikasi dalam inplementasi kebijakan. Sehingga Prahum dapat mencegah krisis-krisis yang terjadi dalam masyarakat melalui komunikasi publik,” terang mantan pejabat Pemkot Samarinda ini.

Dalam kegiatan Raker ini diikuti 108 peserta yang terdiri dari Pranata Humas se-Kalimantan Timur baik dari Provinsi, Kab/Kota serta Kanwil Kementerian.  Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Pranata Humas Ahli Madya, Ditjen Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo Santhy Verawaty Elfrida, S.Sos., M. Ikom, Praktisi Komunikasi Dr. Emilia Bassar, M. Si., IAPR dan Research and Training Manager PT. Indonesia Indicator Nur Imroatus, M. Hum. (cht/@)