Kuatkan Fungsi PPID, Faisal Kunjungi ULT Unmul

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Unit Layangan Terpadu (ULT) milik Universitas Mulawarman dalam rangka penguatan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).
 
Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal didampingi Sub Koordinator Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik, A. Abd Razaq yang diterima langsung Kepala ULT Enny Fathurachmi, di Gedung MPK bagian ULT Unmul, Jum'at (20/1)
 
PPID tidak hanya dituntut untuk selalu update informasi dan teknologinya, juga dituntut untuk melakukan penguatan fungsi PPID, untuk menjamin ketersediaan dan layanan informasi dan dokumentasi kepada masyarakat dan para pemohon informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi dengan cepat, tepat, dan utuh sesuai standar pelayanan publik.
 
"Kedatangan saya juga untuk memberikan wawasan teman-teman PPID utama di Provinsi Kaltim,"ucapnya.
 
Faisal menilai ULT yang ada di Universitas Mulawarman ini sudah bagus, namun yang perlu dilengkapi perangkatnya saja software maupun hardware supaya PPIDnya ideal.
 
Sambungnya, tidak sulit memahami yang penting berdasarkan Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik wajib menyediakan informasi setiap saat.
 
"Informasi tersebut tinggal disimpan di file laptop maupun di upload di website,"tuturnya.
 
Selain itu, pelayanan publik juga harus memiliki sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas.
 
"ULT yang dimiliki Unmul ini sudah luar biasa, semoga bisa berkembang, berinovasi dan bisa lebih sempurna,"paparnya.
 
Dalam kesempatan itu, Kepala ULT Enny Fathurachmi mengajak rombongan Diskominfo berkeliling ruangan dan memperkenalkan perangkat dan fasilitas yang dimiliki ULT UNMUL untuk penunjang pelayanan terhadap mahasiswa. 
 
Berbagai jens layanan layanan ULT tersedia seperti layanan sehari (Bidang Akademik, Keuangan, Kepegawaia, Humas), kemudian layanan informasi (Bidang Akademik, Keuangan, Kemahasiswaaan, HuMas dan ULT). 
 
Selanjutanya layanan persetujuan (Bidang Akademik, Kepegawaian, Kemahasiswaan, Umum, Perebcanaan, Humas dan Kerjasama).
 
Pihaknya pun menyediakan fasilitas layanan seperti ruang laktasi dan bermain, pojok baca dan internet, akses disabilitas serta kantin kejujuran.
 
Hingga saat ini, ULT Unmul tahap demi tahap melakukan pengembangan dalam pemberian layanan mulai dari akademik hingga inovasi-inovasi.
 
Dirinya pun mengucapkan terimakasih atas saran dan masukan yang diberikan kepada ULT Unmul dan nantinya akan diimplementasikan.
 
Tampak hadir pada kegiatan tersebut Staf Khusus Unit Layanan Terpadu H. Akhmad Maulana, Kepala UPT. TIK Hamdani serta Koordinator Humas Sigit Hadi Sugitno.(Prb/ty).