Komisi Informasi Pusat Gelar Sosialisasi Monev Tahun 2023

 
Komisi Informasi Pusat (KIP) gelar Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023, di Labersa Hotel, Kabupaten Kampar Riau, Rabu (17/05/2023). 
 
Wakil ketua KIP, Arya Sandhiyudha, Ph.D. mengatakan dalam sambutannya bahwa Monev Badan Publik ini merupakan salah satu instrumen yang sangat penting bagi Komisi Informasi Pusat (KIP) maupun Komisi Informasi Daerah (KID) dalam mengukur performa Keterbukaan Informasi Publik.  
 
Dalam pemaparan materi yang disampaikan Handoko Agung Saputro bahwa ada beberapa aspek penilaian Monev KIP 2023, seperti kualitas informasi, pelayanan informasi, jenis informasi, sarana dan psarana, komitmen organisasi, serta digitalisasi. 
 
Selain itu dirinya juga menyebutkan bahwa Monev Tahun 2023 dilaksanakan lebih sederhana dibandingkan Tahun 2022. 
 
"Pertama saya pastikan Monev 2023 ini lebih sederhana ketimbang Tahun 2022, jadi Bapak/Ibu tidak perlu pusing lagi untuk melengkapi data, seperti tahun kemarin 2022 tidak dijelaskan tentang sarana dan prasarana, tapi tahun ini sarana dan prasarana sudah dijelaskan dalam aspek penilaian," ujarnya. 
 
Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi KIP Tahun 2023 ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Komisioner Komisi Informasi Pusat Bidang Dokumentasi dan Penelitian Rospita Vici Paulyn dan Komisioner Komisi Informasi Pusat Handoko Agung Saputro. 
 
Turut hadir dalam sosialisasi monev ini Pemerintah Provinsi se-Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, Kementerian, Lembaga Non Struktural, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintan Non Kementerian, Partai Politik, serta Badan Usaha Milik Negara. (d.@)