Faisal silaturahmi sekaligus sampaikan Hasil Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di Kesbangpol

SAMARINDA. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Kaltim, Sufian Agus menyambut baik kunjungan kerja sekaligus silaturahmi Ketua PPID Utama Provinsi Kalimantan Timur, M. Faisal beserta jajarannya dalam rangka penyampaian hasil monev 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan keterbukaan informasi publik, bertempat di Ruang Kersik Luway Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Senin (21/6). 

 
"Penyampaian hasil monev keterbukaan informasi ini merupakan hasil evaluasi Tahun 2020 lalu, dengan harapan pada tahun ini dapat kita ketahui kekurangan apa saja dan setelah itu dapat dilakukan perbaikan untuk mencapai kategori Badan Publik informatif," jelas Faisal. 
 
Dalam kunjungannya, Faisal didampingi Komisioner KI Muhammad Khaidir, serta Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas SDKP Sri Rezeki Marietha beserti Tim PPID Utama.  Turut hadir pula dari Badan Kesbangpol diantaranya Kabid.Politik Dalam Negeri, Ahmad Firdaus, Kabid.Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Ormas Ismed Indah, Kabid. Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan dan Karakter, Fatimah Waty. 
 
Dalam penjelasannya Faisal menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan diterima oleh Badan Publik yang berkaitan dengan kepentingan publik sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.  Informasi tersebut dapat diupload pada website masing-masing Perangkat Daerah sehingga publik dapat mudah mendapatkannya. 
 
"Pada menu PPID di website terdapat informasi sesuai kategori, yaitu informasi terbuka dan yang dikecualikan, dan informasi tersebut pasti sudah dimiliki oleh Kesbangpol hanya tinggal mengupload saja," tambah Faisal. 
 
Kemudian menanggapi Faisal, Sufian mengatakan bahwa Badan Kesbangpol akan segera membenahi apa saja yang perlu dibenahi, termasuk website dan informasi tersebut. 
 
“Kami akan segera melakukan perbaikan terkait website baik domain dan tampilannya serta informasi-informasi publik pada menu PPID," tutup Sufian. (yun).