Dinas Kominfo Kaltim Gelar Workshop Pranata Humas se-Kalimantan Timur

SAMARINDA. Pj. Sekretaris Daerah Kaltim, Riza Indra Riadi membuka acara Workshop Pranata Hubungan Masyarakat se-Kalimantan Timur Tahun 2022 dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Pranata Humas Menyambut Presidensi G20” yang digelar Dinas Kominfo Kaltim, di Hotel Selyca Mulia, Kamis (7/7). 

 
Riza mengatakan, pelayanan kehumasan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan informasi dan pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyampaikan informasi kepada publik agar mendapatkan kepercayaan, komitmen serta partisipasi yang lebih luas dari masyarakat. 
 
“Untuk itu sangat diperlukan SDM yang berkualitas yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam menjalankan pelayanan informasi serta mampu menyelenggarakan fungsi kehumasan secara proporsional dan profesional,” ucap Riza. 
 
Menurutnya, salah satu indikator kesuksesan Pemerintah dalam melayani publik merupakan kepercayaan publik itu sendiri karena hal itu berimplikasi sebagai penanda keberhasilan suatu bangsa. 
 
“Oleh karena itu, insan humas dituntut harus selalu siap dalam mengantisipasi kecepatan arus informasi khususnya untuk mensosialisasikan pesan positif dan prestasi kepada publik agar selalu terbangun kepercayaan serta reputasi negara dan lembaga pemerintahan,” tambahnya. 
 
Riza juga berharap, pranata humas untuk lebih aktif berperan dalam setiap kebijakan atau program pemerintah dengan memitigasi isu-isu yang berpotensi menjadi krisis komunikasi dalam implementasi kebijakan. 
 
“Saya harap pranata humas harus selalu berkontribusi aktif dan selalu memberikan sumbangsih pemikiran yang progresif khususnya, dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pertemuan forum multirateral G20 dimana Indonesia nanti menjadi tuan rumah dan mensukseskan “Nation Branding” yang lebih baik,” harapnya. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muhammad Faisal mengatakan selain untuk meningkatkan kompetensi Pranata Humas se-Kalimantan Timur, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait kebijakan-kebijakan Jabatan Fungsional Pranata Humas. 
 
“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk dijadikan momentum dalam menyatukan langkah dan meningkatkan kerjasama antar Pranata Humas sehingga mencapai tujuan yaitu terselenggaranya pelayanan kehumasan serta pelayanan informasi yang lebih baik lagi,” tutup Faisal. (dyra/asih)