Di Sidang Tahunan, Jokowi Terangkan Kebijakan dan Kemajuan Bidang Polhukam

JAKARTA. Melansir dari Sekretariat.Kabinet, Presiden Jokowi menerangkan kebijakan dan Kemajuan di Bidang Polhukam, dalam Pidato Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang bersama DPR dan DPD RI Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung NusantaraMPR/DPR/DPD RI Senayan, Selasa (16/8).

"Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya, tanpa pandang bulu. Keamanan, ketertiban sosial, dan stabilitas politik adalah kunci.  Rasa aman dan rasa keadilan harus dijamin oleh Negara khususnya oleh Aparat Penegak Hukum dan Lembaga Peradilan," tegas Jokowi.

Lanjutnya, dalam hal mempertahankan keamanan dan stabilitas politik tersebut, menjelang Pemilu yang telah dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi juga meminta kepada masyarakat Indonesia untuk mendukung sepenuhnya.

"Saya ingatkan jangan ada lagi politik identitas, jangan ada lagi politisasi agama, dan jangan ada lagi polarisasi sosial, Demokrasi kita harus semakin dewasa," harapnya.

Selain itu, di kancah internasional Jokowi juga menyebutkan adanya kepercayaan yang kuat kepada Indonesia.

"Kepercayaan Indonesia yang meningkat tajam, Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Diterima negara-negara besar walaupun geopolitik sedang panas," terangnya.

Serta yang tidak kalah penting lanjutnya, adalah membaiknya pemberantasan korupsi yang dinilai melalui Skor Indeks Persepsi Korupsi dari transparansi Internasional dimana skor meningkat semula 37 menjadi 38 pada Tahun 2021.

Selain itu, indeks perilaku anti korupsi dari Badan Pusat Statistik juga meningkat semula 3,88 menjadi 3,93 Tahun 2022. (as)