Berau Lakukan Studi Komparatif ke Dinas Kominfo Kaltim

SAMARINDA.  Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Dinas Kominfo Kaltim menyambut baik jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Berau yang melakukan Kunjungan Study komparatif di ruang IKP dan Kehumasan, Senin (19/12). 
 
"Study komparatif yang dilakukan selain terkait komunikasi juga dapat sekaligus terkait informatika," terang Irene Yuriantini saat menyambut hangat tim dari Berau tersebut. 
 
Apabila terkait komunikasi lanjut Irene, "Bidang IKP dan Kehumasan memiliki beberapa hal yang dapat dijelaskan diantaranya media dan pelayanan informasi.
Pelayanan informasi yaitu PPID serta pelayanan pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR!," terang putri mendiang plt.Gubernur Kaltim periode 2007-2008 itu. 
 
Apabila terkait pengaduan, Irene menjelaskan arti penting dan garis besarnya dimana masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, tidak diskriminatif dan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. 
 
Kemudian Irene juga menerangkan poin-poin terkait keterbukaan informasi dimana saat ini seluruh Badan Publik di Indonesia telah berlomba-lomba untuk lebih terbuka dalam pelayanan informasi sehingga diharapkan khususnya Kaltim dapat mengurangi sengketa informasi di Komisi Informasi. 
 
Dirinya menyebut, pelayanan kepada masyarakat yang sudah ada masih perlu ditingkatkan dan dievaluasi, karena saat ini masyarakat sangat cerdas dan kritis. Namun, dirinya berharap kedatangan tim Kabupaten Berau untuk study komparatif ini bisa menjadi masukan untuk sama-sama meningkatkan pelayanan. 
 
“Mudah-mudahan dengan kita sharing seperti ini, kita dapat bertukar ilmu dan meningkatkan koordinasi serta menerapkan pelayanan informasi khususnya di Kabupaten Berau,” harapnya. 
 
Kunjungan studi tiru ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Berau khususnya Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik. (dyr/as)