Samarinda —— Sembilan dari sepuluh Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur telah memiliki laman khusus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)Utama di Pemerintah Kabupaten dan Kota masing- masing. Terkecuali Kabupaten Mahakam Ulu yang sedang dalam proses pembuatan dan pengembangan laman PPID Utamanya.
Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) merupakan ujung tombak dalam pelayanan keterbukaan informasi publik. Website salah satu sarana strategis yang harus dimanfaatkan dalam membuka keran transparansi informasi publik Segala jenis informasi yang sudah diatur wajib didokumentasi,didiseminasikan, dan dipublikasikan melaui website PPID OPD, karena hal itu bisa memudahkan masyarakat untuk mendapat informasi publik yang diinginkan.
Berada diperingkat kedua kategori menuju informatif merupakan sebuah keharusan bagi Pemprov Kaltim menuju badan publik yang informatif, salah satunya adalah akses informasi yang seluas- luasnya sampai ke daerah terhulu Kalimantan Timur.
Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Mahulu Kristina Pink mengatakan, pihaknya saat ini sedang membuat website PPID Utama Kab.Mahakam Ulu dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan tahun 2018.
“ sangat disayangkan kami baru bisa merealisasikan pekerjaan di awal November, ini membuat kami tidak dapat masuk dalam kategori pada nominasi Ki Awards 2018” terangnya.
Penghargaan Keterbukaan Informasi oleh Komisi Informasi Kaltim diselengarakan pada Jumat malam 16 November 2018 sembilan kabupaten/ kota di Kaltim masuk dalam nominasi penerima penghargaan.(PPIDKALTIM-WIN)