Terobosan Baru PPID Kaltim: Road Show Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik PPID OPD

Samarinda --- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov.Kaltim Muhammad Faisal yang juga Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kaltim melakukan Roadshow pendampingan PPID Pembantu bersama Komisi Informasi dan juga Sekretaris ,Kabid IKP Kehumasan, Kasi PIP Dinas Komunikasi dan Informatika Prov.Kaltim.

 Dalam rangka peningkatan pelaksanaan keterbukaan informasi di Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu, berkunjung ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan untuk pertama kali dilaksanakan Roadshow pendampingan. Rombongan PPID Utama Prov.Kaltim diterima oleh Kadis DPMPTSP bersama jajarannya di ruang rapat APT. Pranoto, Rabu (27/1/2021).

 “Kami akan melakukan kunjungan dan evaluasi apa saja yang kekuarangan yang ada di badan publik yang pada saat penilaian SEMAKIN ,mendapat predikat kurang informatif. Yang pertama kami akan ke Kantor PPID Pembantu OPD tetangga yang kantornya berdekatan dengan Sekeretariat PPID Utama terlebih dahulu seperti DPMPTSP , Disdik , dan lainya. Kemudian kunjungan  akan dilanjutkan ke yang OPD jauh, tuturnya.

 Penyampaian ini dibenarkan Kepala Seksi Pelayanan Publik dan Penguatan Kapasitas Sumberdaya Komunikasi Publik, Sri Rezeki Marietha, S.IK, M.Si PPID Kaltim cukup sering berkoordinasi dengan PPID Pembantu OPD.  Hanya saja Road Show  ini merupakan pengembangan dari kegiatan PPID Utama guna mendorong pertisipasi Badan Publik dan meningkatkan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

 Kepala Dinas PMPTSP Kaltim Puguh Harjanto menjelaskan pihaknya saat ini tengah dalam proses berbenah untuk digitalisasi. Dirinya menyebut, penerapan digitalisasi secara internal akan dimulai minggu depan untuk surat kedinasan, dan sistem berbasis elektronik pelayanan masyarakat akan dijalankan pada Maret mendatang.

 “Kami sedang running untuk digitalisasi pelayanan. Kami terapkan minggu depan khusus untuk surat kedinasan internal. Kemudian untuk sistem berbasis elektronik, kita bisa jalankan bulan Maret, tujuannya mempermudah pelayanan publik untuk masyarakat kita. Karena pemohon tidak hanya dari Samarinda tapi juga dari daerah lain di Kaltim,” jelasnya.

 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Prov Kaltim memanfaatkan teknologi informasi untuk tetap memberikan layanan informasi di masa pandemi Covid-19. Karenanya, DPMPTSP akan menyegerakan digitalisasi pelayanan agar masyarakat dapat memiliki kemudahan untuk akses pelayanan maupun informasi.