Raker PPID Prov Kaltim 20 Mei 2019

Samarinda – Upaya memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat terus dilakukan Dinas Perkebunan Kaltim. Tidak heran, instansi yang dipimpin Ujang Rachmad itu berhasil menjuarai pemeringkatan keterbukaan informasi publik baik nasional maupun provinsi.

“Rencana Strategis (Renstra) merupakan dokumen awal yang menjadi perhatian penting. Juga perbaiki dan lakukan inovasi dengan data yang dimiliki. Termasuk juga didukung SDM yang ulet dengan data,” tutur Ujang pada Raker PPID di Lingkungan Pemprov Kaltim tahun 2019 di Ballroom Apokayan Hotel Horison Samarinda, Senin (20/5).

Dinas perkebunan Kaltim, lanjutnya, selalu menyajikan data valid dan terbaru sehingga mampu meraih juara keterbukaan informasi publik di tingkat nasional maupun provinsi. Diantaranya juara 1 lomba pemeringkatan keterbukaan informasi publik berbasis web oleh Kementrian Pertanian kategori SKPD Pertanian Provinsi tahun 2015 dan Juara 2 situs web kementrian pertanian kategori OPD tahun 2016.

Sementara, Kepala Bidang IKP Nurulita dalam sambutannya mengatakan perlu ada sinkronisasi antara Pemprov dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik di Kaltim. Raker PPID di lingkup Pemprov Kaltim dan Kabupaten/Kota se Kaltim dilakukan guna mengetahui pelaksanaan keterbukaan informasi publik sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

“Tujuan diselenggarakan acara ini agar pemeringkatan KIP tingkat nasional menuju informatif, sinergi antara ppid pembantu dengan ppid utama diharapkan semakin harmonis agar Provinsi Kalimantan Timur semakin baik,” jelasnya.

Tiga nara sumber menyampaikan materi pada acara ini, antara lain Kadis Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah dan Kadis Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad sebagai best practice pelaksanaan Keterbukaan Informasi di Kaltim. Acara yang dibuka Kadis Kominfo Kaltim ini  juga menghadirkan Ketua Komisi Informasi Kaltim M.Khaidir.  (diskominfo/tp)