PPID KALTIM IKUTI SEMINAR MONEV KI PUSAT

JAKARTA -- Seminar Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik dengan tema " Keterbukaan Informasi di Era 4.0" yang di gelar Komisi Informasi Pusat, Rabu, (20/11/2019) di Ruang Anantakupa Gedung Kemenkominfo RI.

Seminar diikuti peserta dari Komisi Informasi Provinsi, dan perwakilan PPID di Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara dan LPNK, Lembaga Non Struktural, Perguruan Tinggi, dan BUMN. Pada kegiatan ini dibuka oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi, dengan menghadirkan narasumber dari Ketua umum Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko, dan anggota DPR RI Komisi 1 Muhammad Farhan.

Menurut Cecep Suryadi,  seminar hasil monitoring ini  perlu dilakukan sebagai salah satu rangkaian Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik untuk Badan Publik. Rangkaian kegiatan ini diharapkan  menjadi bahan pembelajaran peningkatan layanan informasi publik yang dilakukan setiap Badan Publik sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008.

"Kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan keterbukaan informasi pada Badan publik dengan puncak kegiatan monev yaitu penganugerahan keterbukaan informasi publik yang akan dilaksanakan di Istana Wakil Presiden pada hari Kamis tanggal 21 November 2019, “kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasinya dalam mengikuti tahapan kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2019,” ujarnya.

Menurutnya penganugerahan yang akan diberikan bukan merupakan akhir dari proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat, tetapi diharapkan Badan Publik dapat terus melakukan pengembangan terhadap layanan informasi publik pada Badan Publik terutama dalam menghadapi Era 4.0 dimana Badan Publik wajib menyediakan dan memberikan pelayanan terbaik kepada publik agar mampu bersaing secara global.