Kolaborasi DPMPD dan Dispora Kaltim Membangun Desa

SAMARINDA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin mengaku siap berkolaborasi dengan pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan binaan Dispora Kaltim dalam membagun desa.

Dia akan menugaskan bidang-bidang lingkup DPMPD untuk mengakomodir pemuda dalam pelaksanaan kegiatan pencapaian target RPJMD Kaltim yang tertuang dalam Renstra DPMPD Kaltim 2019-2023.

“Sesungguhnya jabatan sebagai Kepala DPMPD tidak membawa saya pergi meninggalkan teman-teman yang tergabung dalam organisasi kepemudaan. Silaturahmi yang selama ini terbangun selama sekitar tiga tahun menjadi Kepala Dispora tetap masih bisa dilanjutkan dengan kolaborasi peran pemuda dalam membangun desa,”ujar Iyad sapaan akrab M Syirajudin saat menghadiri silaturahmi dengan organisasi kepemudaan binaan Dispora Kaltim, di Samarinda, Sabtu (16/1).

Tugas dan Fungsi DPMPD melaksanakan urusan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dengan target meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) tidak luput peran pemuda di dalamnya.

Karenanya dia menyambut baik tawaran kolaborasi program kegiatan DPMPD dengan peran pembinaan kepemudaan yang dilakukan Dispora Kaltim.

Pemuda binaan Dispora bisa diajak terlibat mendukung upaya peningkatan IDM 841 desa di Kaltim. DPMPD Kaltim dalam RPJMD 2019-2023 yang tertuang dalam Resntra DPMPD 2019-2023 menargetkan akan meningkatkan status 150 desa dari 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal kondisi tahun 2018.

Pemuda bisa terlibat sesuai perannya masing-masing mendorong peningkatan Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi.

Sebagai contoh pemuda yang menggeluti bidang IT bisa membantu peningkatan Indeks Ketahanan Ekonomi dengan membantu BUMDes meningkatkan kualitas produknya dan memasarkan produk dihasilkan secara luas melalui media sosial.

Pun demikian pemuda petani milenial yang bisa membantu desa memberikan pelatihan bercocok tanam yang benar agar produksi pertaniannya semakin optimal.

Pemuda relawan bisa terlibat dalam mewujudkan desa tanggap bencana dalam meningkatkan Indeks Ketahanan Ekologi atau lingkungan. Dan Alumni Kapal Nusantara membantu pemuda desa di wilayah pesisir agar produktif dan berdaya pada sektor perikanan maupun wisata bahari.

“Pendek kata semua bisa terlibat membangun desa. Ditangan kalian lah para pemuda pembangunan desa bisa diwujudkan. Mari kita bersama membangun dari desa untuk mewujudkan VISI Berani Untuk Kalimantan Timur Berdaulat,”yakinnya.

Selain silaturahmi dan makan bersama di rumah makan milik salah seorang pemuda anggota organisasi kepemudaan binaan Dispora, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan plakat kenang-kenangan dari organisasi pemuda bagi Iyad sebagaia apresiasi membina mereka selama menjadi Kepala Dispora Kaltim.

M Syirajudin hadir silaturahmi didampingi istri Suhelni M Syirajudin. Nampak hadir Kepala Dispora Kaltim Agustianur, Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriani, Kasi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kaltim Nunung Suriyani, dan Pejabat Penghelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dispora Kaltim Rusmulyadi