Kembali melakukan Roadshow, Kali ini PPID Utama Sambangi BPBD Prov.Kaltim

Samarinda. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kaltim kembali melanjutkan Roadshow penyampaian hasil monev Tahun 2020. Kunjungan kali ini bertempat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jl. MT Haryono, Senin (7/6/2021). Yudha Pranoto selaku Kepala BPBD, beserta Jajarannya menyambut baik kedatangan Muhammad Faisal sebagai Ketua PPID Utama Kaltim yang didampingi Komisioner Komisi Informasi (KI) Kaltim, Muhammad Khaidir dan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumberdaya Komunikasi Publik, Sri Rezeki Marietha yang juga turut hadir dalam kunjungan tersebut.

Untuk setiap minggunya PPID Utama akan tetap melakukan kunjungan ke OPD dengan misi agar OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjalankan amanat Undang Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik, seperti yang diharapakan oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

“Keterbukaan Informasi merupakan kewajiban kita (OPD) kepada masyarakat," ujar faisal.

Faisal berharap dari kunjungan yang telah dilakukan, BPDB mengetahui dan lebih memahami apa saja yang harus dilakukan dalam berbenah untuk menjalankan amanat UU Keterbukaan Informasi.

“Tidak ada kata terlambat untuk ini, dan kami siap membantu kapan saja untuk berkoordinasi, baik ke PPID Utama atau ke tim IT Diskominfo,” imbuhnya.

Selama ini BPBD selalu mengupdate data perkembangan COVID-19 di Kalimantan Timur yang merupakan salah satu data penting bagi masyarakat.

“Kami pikir dengan mengupdate berita COVID-19 setiap harinya, informasi yang dimiliki BPBD sudah terbuka, dan jangan sampai BPBD ini dianggap tertutup oleh masyarakat, karena kami hanya menyampaikan informasi tentang Covid saja,” jelas Yudha.

Karena sebelumnya belum begitu memahami mengenai PPID sehingga untuk kedepannya Yudha meminta masukan dan arahan, agar dapat memperbaiki keterbukaan informasi di BPBD Prov.Kaltim. (na).