Kaltim Rayakan Imlek Secara Sederhana

Perayaan Imlek tahun ini di Kaltim berbeda seperti sebelumnya karena tanpa ada petasan, barongsai ataupun pembagian angpao secara terbuka. 
"Meskipun tidak ada edaran khusus melarang perayaan Imlek di Kaltim tetapi seperti perayaan besar lainnya berpedoman pada Peraturan Gubernur Nomor 48 tahun 2020 ", jelas Muhammad Faisal Kepala Dinas Kominfo Kaltim.
 
Diharapkan masyarakat Kaltim bisa memahami situasi dan kondisi sekarang serta himbauan dari beberapa Menteri,
“Kami berharap perayaan Imlek 2572 di Provinsi Kaltim dapat dilaksanakan secara sederhana, tidak menggelar Barongsai atau membagi angpao secara terbuka, serta terus secara disiplin menerapkan protokol kesehatan covid-19” lanjut mantan Kabag Humas Pemkot Samarinda ini.
 
Ia pun menjelaskan beberapa Menteri sudah lebih dulu menyampaikan himbauannya terkait perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili yang diharapkan secara sederhana saja karena situasi dimasa pandemi covid-19,
“Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, menghimbau untuk melaksanakan imlek secara sederhana dan tidak menimbulkan kerumunan” kata Muhammad Faisal Kadis Kominfo Prov Kaltim.
 
Bahkan dia juga meminta agar tidak ada Barongsai, Petasan dan pembagian Angpao secara terbuka,
“Pemberian angpao lebih baik melalui mobile banking, atau perlu buat korban bencana alam yang banyak terjadi sekarang ini melalui sumber pengumpulan sumbangan yang terpercaya.” Lanjut Pak Menteri saat bertemu dengan panitia nasional perayaan Imlek 2572 (9/2) dikutip Faisal.
 
Tak terkecuali Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan himbaunya karena bersamaan situasi pandemi covid-19,
“Karena situasinya sekarang berbeda, Indonesia dan Dunia sedang mengalami Covid-19, saya kira umat Konghucu juga harus mawas diri, bahwa perayaan imlek itu bisa dirayakan dengan cara yang sederhana” ungkap Menag saat memberikan konferensi pers melalui akun youtube Istana Kepresidenan (4/2).
 
 
Sebagai informasi sampai saat ini (11/02) di Provinsi Kaltim terus mengalami peningkatan jumlah pasien yang terkonfirmasi menjadi 47.597 orang, Dirawat 160 sehingga total 8.256 orang, Sembuh 794 dan Meninggal 9 orang sehingga total sebanyak 1.131 orang.
 
"Melalui kesempatan ini juga saya sebagai Kepala Dinas beserta jajaran Kominfo Prov Kaltim mengucapkan Gong Xi Fa Cai semoga tahun baru Imlek 2021 membawa kebaikan dan rezeki yang berlimpah untuk kita semua", tutupnya.