Kaltim Laksanakan Vaksin, Hadi Minta 3 M + 1 Tetap Dilaksanakan

SAMARINDA --- Vaksinasi Covid-19 secara Perdana dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim pada Kamis (14/1). Dalam hal ini Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi selaku penyintas Covid-19 menyampaikan bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk mengurangi penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 sehingga mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Walaupun kita menyadari karena keterbatasan waktu dan dana, vaksin ini masih terbatas maka sesuai dengan kebijakan, akan diberikan untuk Tenaga Kesehatan pada tahap pertama, baru diberikan untuk Kabupaten Kutai Kartanegara dan kota Samarinda,”Jelas Hadi.

Ditambahkannya bahwa vaksin untuk tahap selanjutnya tidak lama lagi paling lama bulan depan akan diprioritaskan untuk Balikpapan dan sekitarnya.

“Tetapi kita juga harus menyadari bahwa profit ini sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh maka perintah dari Pusat baik dari Kementerian, dari Presiden, dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk tetap melaksanakan 3 M + 1 yaitu mencuci tangan menjaga jarak memakai masker dan menghindari kerumunan menjadi sesuatu yang harus kita perhatikan,” ucapnya dalam sambutan tersebut.

Proses vaksinasi ini diperkirakan akan berlangsung selama 15 bulan kedepan untuk seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu, Pemprov mengimbau terkhusus bagi masyarakat Kaltim terutama pada gelombang pertama untuk tidak takut divaksinasi guna menghentikan penyebaran virus Corona di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur. (DISKOMINFO/LA/AS)