Jokowi: Hilirisasi dan Manufaktur Dalam Negeri Tumbuh Pesat dan Merata

JAKARTA. Melansir dari Sekretariat.Kabinet, Presiden Jokowi menyampaikan dalam Pidato Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang bersama DPR dan DPD RI di Senayan bahwa hilirisasi dan manufaktur Dalam Negeri tumbuh pesat dan merata, Selasa (16/8). 

 
"Dalam bidang maritim dan investasi, hilirisasi dan manufaktur Dalam Negeri tumbuh pesat dan merata, pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, 52 persen diantaranya berada di luar Pulau Jawa," ungkapnya. 
 
Hal itu lanjutnya, berarti ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat tetapi juga tumbuh merata menuju pembangunan yang Indonesia sentris. 
 
Jokowi juga menyebutkan bahwa Indonesia menjadi produsen kunci dalam pasok baterai litium global dimana produsen mobil listrik dari Asia, Eropa dan Amerika. 
 
"Indonesia saat ini telah menjadi produsen kunci dalam pasok baterai litium global dimana produsen mobil listrik dari Asia, Eropa dan Amerika ikut berinvestasi di Indonesia," terangnya. 
 
Lanjutnya, Indonesia juga akan membangun kawasan industri hijau terbesar di Kalimantan Utara dimana energi dari panas matahari, panas bumi, angin, ombak laut, dan energi bio akan menarik industrialisasi penghasil produk rendah emisi. 
 
"Kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan menjadi Green Industrial Park terbesar di Dunia," pungkas Presiden RI ketujuh itu. (as)