Diskominfo Kaltim Lakukan Survei Penilaian Kinerja Keterbukaan Informasi Publik

Samarinda – Diskominfo Kaltim melalui bidang Statistik dan didampingi oleh Akademisi Unmul akan melakukan survei persepsi penilaian kinerja Keterbukaan Informasi Publik Perangkat Daerah.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim Adrie Dirga Sagita mengadakan rapat di ruangan Bidang Statistik pada Selasa (25/5) dalam rangka pelaksanaan perencanaan kerja Bidang Statistik Tahun 2021 tentang pembahasan kuesioner survei data statistik sektoral pada PPID Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Ia mengatakan bahwa rapat ini adalah sebagai bentuk persiapan tentang penilaian kinerja Keterbukaan Informasi dan penyesuaian kuesioner yang telah di siapkan oleh bidang statistik tersebut.

“Kami Bidang Statistik meminta bantuan oleh tim PPID Utama untuk mengkoreksi kuesioner seputar PPID Kaltim, jika sudah sesuai dan dapat dimengerti oleh perangkat daerah yang bersangkutan kami juga ingin meminta bantuan untuk menyebarkan kuesioner tersebut,” ujar Dirga.

Sementara Akademisi Unmul Zainal Arifin pun mengatakan bahwa hasil dari survei ini adalah berbentuk laporan dan terkait survei PPID yang dimaksud adalah melihat kinerja keseluruhan lembaga PPID.

“Pertanyaan yang kita olah ini berdasarkan statistik kuantitatif dari data yang ada dan kita akan mengetahui respon dari pengelola PPID di Perangkat Daerah, respon tersebut tentunya akan menjadi evaluasi untuk kinerja PPID kedepannya. Terkait data kuesioner ini juga memerlukan data pendukung dari PPID Utama,” ujar nya.