Dirjen IKP Kemkominfo Buka Bimtek PPID

PAPUA. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik secara online via zoom meeting, Selasa (13/9).

Dalam arahannya, Usman menyampaikan bahwa Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para pengelola informasi publik di daerah sehingga dapat memberikan pelayanan pada publik dalam hal keterbukaan informasi.

Di samping itu Usman juga menitipkan pesan kepada PPID di daerah agar tetap menggaungkan informasi penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia.

"Kepada PPID Provinsi dan Kabupaten/Kota agar tetap menggaungkan informasi penyelenggaraan Presidensi G20 baik secara langsung ataupun melalui kanal-kanal yang dimiliki di daerah," ujarnya.

Hal tersebut lanjutnya, bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan publik bahwa Indonesia pada Tahun 2022 menjadi ketua penyelenggara dan tempat penyelenggaraan Presidensi G20.

"G20 adalah negara-negara yang tingkat ekonominya sangat besar di dunia yang menguasai 80 persen ekonomi," ungkapnya.

Kemudian diakhir arahannya Usman berharap bahwa dengan adanya Bimtek PPID dapat membantu mewujudkan Undang-Undang KIP yaitu penyelenggaraan negara yang baik, tranparan, efektif, efisien, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Informasi merupakan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 untuk itu pengelolaan pelayanan informasi publik berkualitas di Badan Publik diharapkan semakin terwujud dan informasi masyarakat terpenuhi sehingga berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini masyarakat di Provinsi maupun Kabupaten/Kota," tutupnya.

Kegiatan ini diikuti secara online oleh PPID Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia dan onsite oleh PPID Papua, dengan menghadirkan narasumber diantaranya Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Kemkominfo, Hasyim Gautama, Komisioner Pusat Bidang Kelembagaan KIP, Handoko Agung Saputro serta Perwakilan PPID DKI Jakarta, Harry Sanjaya. (as)