Transparansi Informasi Guna Wujudkan Good Governance


JAKARTA --- “Rakyat menginginkan transparansi,  keterbukaan, serta hubungan pemerintah dan masyarakat yang dialogis dan responsif terhadap keluhan yang ada di masyarakat, " tutur Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2015 di Istana Negara Republik Indonesia (15/12).

Dalam sambutannya Jokowi menuturkan pemerintahan disemua tingkat, pusat, daerah, institusi, universitas, kementerian dan lainnya harus segera berubah kearah pemerintahan yang terbuka (Good Government).

Transparansi informasi bukan hanya kebutuhan masyarakat, tetapi juga kebutuhan pemerintah. Transparansi, juga akuntabilitas, sangat dibutuhkan untuk membangun pemerintahan yang baik (Good Governance).

Salah satu upaya melakukan transparansi dengan membuka seluas-luasnya akses masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia ini merupakan aksi nyata dari badan publik untuk melakukan Revolusi Mental.

Keterbukaan informasi memberi peluang bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam berbagai kebijakan publik. Kondisi ini sekaligus dapat mendorong terciptanya clean and good governance karena pemerintah dan badan publik dituntut untuk menyediakan informasi yang lengkap mengenai apa yang dikerjakannya secara terbuka, transparan dan akuntabel. (diskominfo.kaltimprov.go.id)