Kadis Diskominfo Jelaskan Pentingnya Peran PPID Dilingkup Masyarakat


 

TARAKAN ---- H. Abdullah Sani  selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Kelembagaan PPID. Beliau menjelaskan pembentukan PPID dapat memegang peran yang sangat penting.

PPID sendiri sangat berperan penuh dalam keterbukaan informasi dan juga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu juga PPID dapat memberikan pelayanan yang terbaik dalam pemberian informasi publik.

Sani berkata dengan dibentuknya media center (MC) ataupun sekretariat PPID  akan memudahkan masyarakat untuk menyampaikan informasi, permohonan informasi dan juga dapat diterima oleh masyarakat.

“Wajib hukumnya untuk setiap SKPD memiliki website agar masyarakat dapat dengan mudah memonitor perkembangan informasi daerah. Hal ini dapat menciptakan keterbukaan informasi publik sehingga masyarakat tidak perlu mengajukan permohonan informasi”, ujarnya.

Fungsi dari PPID itu sendiri mengelola informasi dan dokumentasi karena disinilah yang akan mengolah informasi tersebut. Selain SKPD harus mempunyai website, SKPD juga diminta untuk memiliki PPID pembantu dengan cara adanya helpdesk untuk mengajukan aduan masyarakat dan juga sengketa informasi

‘’Tentunya ini akan berdampak pada bagusnya pelayanan publik SKPD tersebut kepada masyarakat dan untuk mencegah terjadinya sengketa publik”, jelasnya.(diskominfo/ss)