Gubernur : Website Disbun Kaltim, Bankaltim dan Kota Bontang jadi acuan keterbukaan informasi


 

SAMARINDA, Senin 19 desember 2016 Gubernur provinsi Kaltim DR.H.Awang Faroek Ishak menggelar konferensi pers setelah sebelumnya bertemu dengan jajaran Dirjen Pajak Kaltim-Kaltara guna mendukung program tax amnesty. ada beberapa hal ditanggapi gubernur dalam konferensi pers terkait isu-isu yang sedang hangat di ruang publik dan tak lupa gubernur juga menyampaikan bahwa Pemprov kaltim kembali akan menerima anugerah peringkat keterbukaan informasi publik tingkat nasional serta menyampaikan beberapa hal sebagai bahan evaluasi dan tindak lanjut guna semakin meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik di provinsi kaltim.

" Provinsi kaltim akan kembali menerima penghargaan keterbukaan informasi publik tingkat nasional tahun 2016 ini dan kita patut bersyukur atas hal itu. namun dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan beberapa hal untuk bahan evaluasi dan tindak lanjut guna meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik di provinsi kaltim " kata Gubernur mengawali konferensi pers.

Dalam konferensi pers tersebut gubernur menyampaikan beberapa hal yang mesti dibenahi kaitannya dengan peningkatan kualitas keterbukaan informasi publik diantaranya adalah : (1) perlunya peningkatan kordinasi dan sinergi diantara SKPD terkait dilingkup pemerintah provinsi kaltim, (2). Website SKPD Dinas Pekerjaan Umum, Balitbangda dan Badan Arsip Daerah agar segera online untuk kelancaran pelayanan informasi publik karena sudah berbulan-bulan dalam proses maintenance, (3). Website SKPD Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim jadi acuan dan standar layanan keterbukaan informasi publik website SKPD di lingkup pemprov Kaltim bersama website Bappeda provinsi kaltim, (4). Untuk acuan website standar layanan keterbukaan informasi publik bagi Pemerintah Kabupaten dan Kota di provinsi Kaltim, Gubernur menyarankan website Pemerintah Kota Bontang bisa jadi acuan, (5). untuk kalangan BUMD/Perusda dilingkup pemprov Kaltim, Gubernur merekomendasikan website dan layanan keterbukaan informasi publik di Bankaltim bisa menjadi contoh bagi BUMD/Perusda lainnya, (6). Gubernur mengapresiasi layanan keterbukaan informasi publik via website BPKP perwakilan Kaltim dan BPK perwakilan.

" Nantinya beberapa hal ini akan saya sampaikan dan tekankan juga dalam rapat-rapat dengan SKPD terkait lainnya " Tegas Gubernur sebelum mengakhiri sesi konferensi pers terkait keterbukaan informasi publik di provinsi Kaltim dan berlanjut ke sesi konferensi pers berikutnya terkait isu-isu yang sedang hangat di ruang publik. 

Dalam konferensi pers tersebut yang diliput awak media dari berbagai media massa cetak dan elektronik, Gubernur didampingi oleh beberapa pejabat struktural dilingkup pemprov Kaltim baik dari Asisten Sekdaprov, Kepala Biro dan Kepala Dinas Kominfo serta komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim, wakil ketua M. Khaidir dan Senci Han. (kip-kaltimprov.go.id)